10.09.2020

PSBB Reborn Day-26

your school.

sekolah gw dari TK-SMA ada di satu kawasan, yang jaraknya ga sampe 1 km antara yang satu dengan yang lainnya. klo pada ngira sekolah gw ga pindah-pindah, kalian salah. TK gw di swasta deket lapangan tenis, SD-SMP gw di swasta deket masjid dan SMA gw di negeri deket taman dan pom bensin. tapi ya daerahnya di situ-situ aja. gw jadi kaya akamsi gitu, "anak kawasan sini" 17 tahun di daerah situ doang. bahkan sekarang kerja masih di daerah yang sama dan bisa liat sekolah-sekolah gw setiap hari.

ga ada yang bisa diceritain dari sekolah gw, karena menurut gw masa sekolah gw ga seseru itu, biasa aja. bahkan gw pernah dibully jaman SD karena gw dikira anak baru, padahal gw cuma balik lagi setelah sempet ikut bokap nyokap sekolah di luar selama beberapa waktu. sesungguhnya sinetron anak kecil yang suka bully dengan muka sotoy sok tua itu benar adanya.  

mungkin yang bisa gw bahas adalah gimana bedanya sekolah swasta dan negeri dari yang gw rasain. sekolah swasta itu siswanya cenderung sama semua jenis orangnya, ya ada sih yang sok kecakepan, sok kekerenan dan sok-sok lainnya. tapi mayoritas kelakuannya dan gaya hidupnya sama. dari fasilitas jelas lah ya kalau swasta jauh lebih lengkap dan lebih terawat. ya ada duit ada rupa lah, dengan bayaran sekolah yang segitu ya sudah sepatutnya fasilitas seperti itu yang kalian dapetin. jadi begitu masuk negeri gw sempet mengalami culture shock beberapa waktu, bahkan 2 minggu pertama sekolah gw ga berani ke kamar mandi. tapi dengan uang bulanan yang cuma 1/4 dari uang bulanan gw waktu SMP, apa yang mau lo harapkan? padahal SMA gw termasuk negeri yang ada namanya dan fasilitasnya lumayan, tapi ya tetep aja, terkejut aku tuh dengan ketimpangan ini. belom lagi siswanya yang beragam, bener-bener beragam, dari yang "mentereng lulusan sekolah swasta" sampe yang "nggak pernah liat di sekolah swasta".

kalau ditanya alasan gw masuk negeri apa, ga ada sih. nyokap yang nyuruh, dia yang daftarin dan gw tinggal masuk dan ditambah temen deket gw jaman SMP masuk sekolah yang sama, ya udah lah kaya ga ada ruginya juga. makanya gw tuh kaget karena ga punya ekspektasi apa-apa dengan "sekolah negeri". tapi setelah dijalanin, ya biasa aja sih sekolahnya. cara ngajarnya juga menurut gw sama aja, ada guru yang bener ada juga yang aga ngawur. cuma gw jadi ngerti aja maksud bokap dan nyokap gw bahwa sekolah negeri bisa ngebuka mata tentang lingkungan atau pergaulan yang lebih luas. setelah sekolah di situ gw jelas jadi lebih punya empati, dan kayaknya ini ga bakal gw dapetin kalo masih lanjut sekolah di swasta.

gimana hari ke-dua puluh enam PSBBnya Jakartans? pagi ini gw swab di RS Bunda lagi, yang hari ini rasanya lumayan sakit sampe berurai air mata. kayaknya yang ngambil sampelnya menentukan sakit/nggaknya deh,karena yang sebelumnya rasanya ga sesakit ini tadi. sebenernya tadi gw aga was-was ke daerah pusat, karena ngeri ada lanjutan aksi kemarin, tapi Alhamdulillah tadi jalanan aman dan kondusif. baliknya sempet ngelewatin Bunderan HI, sedih ngeliat sisa-sisa aksi kemarin, halte Trans Jakarta yang pada ancur dan gosong. dear demonstran, kenapa harus gitu sih. kalian ngehancurin itu tuh ga ngaruh juga buat para dewan yang ter(gila)hormat itu. mereka bahkan mungkin ga pernah jadi pengguna fasum yang kalian ancurin itu. kalo mau bikin kesel mereka itu incerlah hal yang berharga di hidup mereka, contohnya harga diri mereka. ancurin tuh harga diri mereka buat narik perhatian, contoh mbak Najwa Shihab. jadi orang pinter, supaya bisa ancurin dengan cara yang intelek. kalo sekedar barang apalagi fasum yang kalian hancurin tuh ga ngaruh, mereka ngerasa semua bisa dibeli pake duit mereka, termasuk untuk beli suara pas pemilihan.

stay safe, stay healthy dan stay sane Jakartans 💓.

adios. 

No comments:

Post a Comment