3.04.2008

novel->film

malem ini gua ,asih terkapar, karna diare dan meriang sialan ini..

btw tadi pas gw lagi setengah sadar *maksudnya melek2 nggak, abis minum obat!* gw dengar d tipi ada wawancara ttg film ayayt-ayat cinta (AAC), ada hanung bramantyo, fedi, rianti, zaskia, sama si pengarangnya. mreka ngomongin klo banyak pembaca yang kecewa sama film itu karna filmnya dianggap g bisa memvisualisasikan novel dgn baik.

haha, klo gw dr dulu jarang buat tertarik nonton film yang dibuat berdasarkan crita novel, apalagi klo gw udah baca novelnya.. nggak banget deh. karna mnurut gw, pada dasarnya stiap orang punya cara sendiri2 untuk memvisualisasikan suatu kata2 atau kalimat atau kejadian yang ada di novel. jangankan sama sutradaranya, bisa aja bayangan pembaca g sama dgn apa yang sbenernya si pengarang bikin atau yang brusaha digambarkan sama pengarang. well everyone have their own imagination, right? makanya gw yakin g bakal ada satu film pun yang diangkat dari novel yang bisa bikin semua penonton yang udah baca novelnya bilang "perfect!". bahkan harry potter sekalipun.

beda sama novel yang dibikin stelah filmnya, klo yang itu pembaca udah dibikin ngerti dan kenal sama tokoh2 atau settingnya. udah ada penyeragaman pikiran supaya klo misalnya penonton baca novelnya tinggal di reload aja visualnya.

yang menurut gw jelek banget itu film cintapucino. okay gw akuin actingnya si pmeran utama perempuannya bagus, tapi bagemana film memvisualisasikan pemeran2nya itu yang masalah banget! terutama yang meranin nemo, secara dia dianggep sbg everlasting lovenya si cewek ini, yang scara otomatis di otak pembaca, yang salah satunya gw, g pas banget sama similleriler ini. well klo yang ini sih balik lagi k masalah selera kali yah, tapi dari novel yang gw bilang lumayan *g kayak novel2 skarang yang sinetron banget* jadi sbuah vilm yang.. maav tapi.. buruk!

tapi buat film2 luar yang diangkat dari novel, kayak in her shoes, ps: i love u!, devil's wear prada, itu visualisasinya lumayan bagus, g tralu mengecewakan si pembacanya. walopun g smua ssuai sama imaji gw waktu baca novelnya.

well klo yang trakhir ini bener2 cuma pendapat gw, so.. maav klo ada yang tersinggung. smua orang punya kebebasan buat berpendapat khan?
enough for today,

1 comment:

  1. Yah Nad, novel mah novel, film ya film.. Pertama, imajinasi saat baca novel beda (rata-rata lebih tinggi). Kedua, kalo novel dan film ceritanya sama mah ngga seru. Karena film itu penting untuk nonjolin klimaks. Mirip sama penyanyi, kalo di album dan di panggung nyanyinya sama kan ngga seruu.. He3x.. That's my opinion *padahal nonton AAC aja blm*

    ReplyDelete