10.12.2020

PSBB Reborn Day-29

my goals for the future

sementara ini goals gw adalah bisa hidup sehat dan lepas dari obat rutin. 

seperti yang pernah gw tulis di blog ini, dari 2009 gw didiagnosis ada graves disease/hyperthyroid. semenjak itu beberapa kali gw mencoba untuk punya komitmen buat treatment, tapi beberapa kali juga gw kabur karena ngerasa badan udah enakan dan bosen tiap hari harus minum obat, ditambah lagi ga sedikit biayanya ketika lo setiap bulan harus cek lab dan konsultasi dokter. namanya manusia, pas ngerasa sakitnya baru deh mikir buat berobat, pas udah ngerasa badan sehat ya lupa kalo masih ada sakitnya. menurut dokter yang paling fatal dari gw kabur-kaburan adalah gw selalu berhenti minum obat sebelum waktunya, jadi ya setiap gw ke dokter untuk mulai treatment lagi terpaksa mulai dari NOL.

karena satu dan lain hal, akhirnya tahun ini gw kembali lagi ke dokter untuk coba nuntasin apa yang ga pernah gw selesaikan. dokter gw yang sekarang super supportive, ya waktu 2017 pas gw pertama kali dateng ke dia juga di supportive sih, tapi gw-nya aja yang kabur. dia dari awal gw dateng langsung bilang, target saya kamu lepas dari obat dan hamil. ya masalah perhamilan sih, seperti yang pernah gw bahas juga, bukan jadi niat gw ketika pertama kali gw mulai lagi untuk treatment. tapi dia bilang, kita harus pasang target untuk kamu bisa hamil karena tandanya badan kamu sudah dalam kondisi baik. karena menurut study yang dia pelajari sakit gw ini berpengaruh juga ke hormonal gw dan fungsi-fungsi lainnya di badan gw untuk mendukung gw hamil, oke lah dok saya nurut aja. tapi yang utama target gw memang untuk bisa lepas dari obat, karena makin ke sini gw ngerasa minum obat untuk jangka waktu yang panjang juga ga akan baik buat badan gw. 

sejak Juni gw mulai lagi, dosis obat gw udah banyak berkurang dan hasil lab gw membaik. memang dari dulu badan gw punya respon yang baik sama obatnya, gw-nya aja yang mbelot. dari awalnya dikasi dosis 30mg thyrozol dan 5mg concor perhari, sekarang di pertemuan ke-3 udah berkurang jadi 5mg thyrozol untuk senin-kamis dan 10mg thyrozol untuk jumat-minggu. semoga jumat besok pas gw ke dokter lagi hasil lab udah makin baik dan dosis obat bisa makin berkurang. 🙏

selain untuk berhenti minum obat, target gw juga adalah hidup sehat. sehat jasmani dan sehat pikiran. hidup sehat itu kesannya gampang ya, tapi pas dijalanin kok susah ya kalo ga ada niat yang kuat. untuk sehat badan, tinggal berdua di rumah tanpa ada yang bantuin itu enak-enak susah, enaknya ya bebas kalo mau ngapain aja *wink* tapi susahnya untuk makan sehat itu butuh usaha ekstra, kadang kalo pagi kita kaya buru-buru ke kantor dan pas pulang kantor kita berdua udah terlalu capek untuk sekedar masak makanan sederhana yang sehat dan ditambah dengan gampangnya pesen makanan saat ini akhirnya tergoda lah untuk pesen makanan yang ngawur-ngawur. such as junk food. makan sehat ini masih pr banget untuk gw saat ini.

dan untuk sehat pikiran, ini yang gampang-gampang susah. salah satu yang diingetin dokter gw terkait penyakit gw adalah, gw itu ga boleh stress. karena stress bisa mancing sakit gw untuk bereaksi. buat sebagian orang mungkin kesannya lebay, tapi ya kenyataannya gitu. dokter gw pertama kali bertanya gw kerjanya apa, dia langsung kecewa. kata dia kenapa juga kamu harus punya kerjaan yang stressnya tinggi gitu sih. dan ditambah lagi untuk gw yang suka overthinking, ngejaga pikiran gw untuk nggak stress itu sulit sistur. tapi jujur ya, gw suka sebel klo banyak orang menganggap sakit seperti gw ini, adalah bukan termasuk sakit karena nggak kelihatan atau nggak kasatmata alias kelihatannya secara fisik gw baik-baik aja. tapi namanya sakit itu nggak harus keliatan mata kalian kan. 

gw ada cerita, gw itu ga pernah secara gamblang menginformasikan sakit gw ke lingkungan kantor. tapi dalam sebuah obrolan gw pernah bilang sama salah satu senior di kantor "kata dokterku aku ga boleh stress" ini omongan bukan gw lontarkan karena gw mau kabur dari kerjaan juga, gw cuma sekedar inform aja ke dia tentang hal ini. dan jawaban dia adalah, "ah bisa aja".  gw ga ekspektasi dia bakal gimana sih, cuma menurut gw sih ya dari pada dia jawab gitu, apa nggak bisa bertanya kenapa gw ngomong gitu, kenapa sampai gw ke dokter dan sampai dokter gw melontarkan kalimat itu. ya tapi kan tidak semua orang punya empati terhadap kondisi orang. 

ada cerita lain lagi, obat gw kan harus gw minum setiap pagi. jadi ketika gw sarapan pasti akan diakhiri dengan minum obat. pernah ada yang nyamperin dan bilang gini "kamu setiap saya lewat pasti langsung minum obat" dengan ekspresi yang gw bingung deskripsiinnya, klo boleh suudzon sih seakan gw lagi caper sama dia gitu sampe belagak sakit. LIKE, WTF. pertama itu jadwal minum obat gw dan kedua gw ga perduli ada lu apa nggak di situ. kenapa seakan-akan gw minum obat untuk cari perhatian dia. kalo dia udah sering liat gw minum obat, ga salah juga kok bertanya tentang kondisi gw dan kenapa gw selalu minum obat. 💩

sekian misuhnya, semoga tujuan gw dapat tercapai secepatnya ya. kalo bisa sampai hamil sesuai harapan dokter gw ya Alhamdulillah. 

gimana hari ke-dua puluh sembilan PSBBnya Jakartans? ga ada yang menarik hari ini. aselik.

stay safe, stay healthy and stay sane Jakartans 💓.

adios.

No comments:

Post a Comment