1.07.2020

Day 7- Flu.

baru hari ke-tujuh dan gw udah bahas penyakit flu, padahal di day 1 gw punya resolusi buat banyak minum air putih yang harusnya bikin jadi sehat dan jauh-jauh dari flu. nope, flu di sini bukan dibahas karena gw lagi ngalamin *alhamdulillah* tapi karena.. gw habis melakukan penanggulangannya alias aksi preventif yaitu vaksin. vaksin influenza.

flu itu di hidup udah kaya temen lama, suka tiba-tiba nyapa, klo radang tenggorokan udah kaya sodara sering bertandang tanpa diundang. gw udah sering denger tentang vaksin influenza ini dari sodara gw si anne, dia bilang dulu dia pernah vaksin dan sehabisnya kaya setahunan itu hidup dia bebas dari flu, atau kalaupun kena cuma numpang lewat aja. saat itu gw cuma mikir oh menarik juga. terus ga berapa lama ini temen gw si mba acik juga cerita hal yang sama. dan karena akhir tahun kemarin gw sempet flu lebay sampe mulai batuk serta mempertimbangkan kepentingan untuk terus sehat karena mau liburan di tempat dingin, akhirnya kita (gw dan pak tuamik) mutusin untuk cari tempat yang bisa vaksin flu ini. setelah tanya-tanya ke tante pita, kita nemuin kalau di Griya Husada RS Fatmawati itu bisa vaksin flu.

jadi hari ini kita ke RS Fatmawati buat vaksin, jalan jam 8.30 izin dari kantor, karena jadwal vaksinnya itu dibagi 2 sesi jam 8-12 dan 15-18. sampe di sana sekitar jam 9.30 karena aga oon cari jalan yang ga kena ganjil genap. sampai sana kita daftar, untungnya kita semua udah pernah tes kesehatan di Griya Husada RS Fatmawati jadi ga perlu isi form panjang lebar, pendaftarannya ada di pojok kanan jadi satu sama tempat daftar vaksin meningitis (biasanya untuk keperluan umroh dan haji) dari arah pintu masuk. di sana ada komputer untuk kita input data, jadi pendaftarannya mandiri oleh si pasien. 

selesai daftar kita dapet form data diri dan keterangan tujuan kita sama ada slip nomor antrian. kertas itu kita bawa ke lantai 3, di balik eskalator itu ada tempat vaksinnya. pas kita dateng udah lumayan rame. di meja susternya kita kasih kertasnya, sama nanti ada form isian lagi yang harus diisi. setelah itu kita tunggu aja, nanti dipanggil sama susternya kalau udah mau divaksin.

pas dipanggil itu tadi kita masuk ke ruang vaksin langsung ber-10 sama yang pasien lain, di dalem kita diurutin duduknya sesuai kertas antrian kita, terus dokternya jelasin lah do and dont-nya terutama untuk yang vaksin meningitis. selesai itu kita disuntik vaksinnya satu persatu, persis deh sama anak sekolahan yang lagi diimunisasi di sekolah. 

setelah selesai divaksin kita keluar ruangan bawa kertas antrian yang dikasih sama dokter untuk ke kasir. biaya vaksin ini Rp220.000 all in. selesai bayar kembaliin kertas dan bukti bayarnya ke meja suster untuk nanti dikasih bukti vaksin. kalau vaksin meningitis untuk keperluan umroh dan haji dikasih buku kuning tuh, klo ambil tambahan vaksin flu ditulis disitu juga, tapi karena tujuan kita cuma untuk jalan-jalan dan menjaga diri jadi kita ga dapet buku kuningnya. dan cuma dapet tanda vaksin aja di invoice kita.

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1-eQ_8qZeJDpxA6vgwZJlQTxxmmEPtSxH

vaksin flu ini umurnya setahun, jadi dia kasih tanggal itu di kertasnya buat penanda kita kalau nanti di tanggal 7 Januari 2021 efek dari vaksin itu sudah hilang. 

pengalaman ini gw dapet di Griya Husada RS Fatmawati, mungkin di RS lain biaya dan cara vaksin mereka juga beda. tapi vaksin ini wajib di coba sih terutama di musim sekarang, yang bisa tiba-tiba badai dan sedetik kemudian panas terik.

alhamdulillah sampai ditulisnya blog ini belum ada efek yang lebai dari vaksin ini di badan gw, beda sama dulu abis vaksin meningitis badan demam tinggi dan sakit kepala ga karuan. 

adios.

No comments:

Post a Comment