4.28.2016

(mencoba) hidup sehat

sehat dan gw sepertinya bukan teman baik. dari dulu sampai sekarang. di blog gw yang lama *yang mana sudah di export-import ke sini, uhuy!* gw pernah nulis tentang my NDE.

gw anak yang lahir dengan penyakit bawaan asthma, cenderung scoliosis, dan ternyata juga hyperthyroid. lengkap. sekali gw kecapekan maka asthma gw cenderung kambuh dan begitu juga hyperthyroid gw membuat badan gw lemes ga terkira, dan scoliosis membuat terlalu banyak istirahat bikin sakit punggung. jadii.. gw harusnya bisa jaga diri supaya ga kecapekan, atau melatih badan supaya lebih setrong!

sayangnya, gw adalah auditor di salah satu kementerian yang punya pekerjaan di segala penjuru nusantara, pelosok kabupaten dan melintasi gunung. seringkali gw ke lapangan itu harus menempuh perjalanan darat/laut/udara yang makan waktu lama, disamping sakit punggung juga bikin badan rasanya ga karuan. sering banget gw kalah sama kesibukan gw ini. tapi dasar gw, kalo sakit inget harus sehat, klo sehat suka lupa diri ga inget ngelatih badan. gw ga suka olahraga. aslik. ga bisa renang dan ga kuat lari. gw ga kuat lari karena napas gw pendek, mungkin karena asthma yg lebih dominan dan ga pernah dilatih. iya, katanya renang bagus buat orang yang punya asthma, tapi gw ga bisa renang, jadi klo di kolam air baru sedada gw udah gelagapan. alesan banget lah gw.

gw memilih hidup sehat dimulai dari pola makan. gw pernah keranjingan bikin green juice, sampe beli si hurom slow juicers yang lumayan menguras dompet. tahan hampir setahun, terus sebel karena sayur organik lama-lama tambah mahal dan rempong bikinnya klo cuman buat gw seorangan. ini ampuh banget bikin badan lebih setrong. tapi gw pernah salah dan ga terlalu perhatiin artikel tentang green juice, gw pernah baca kalo kale ga terlalu bagus buat yg punya hyperthyroid. dan gw cuma mikir, kale itu kan kayak sayur yg kudu wajib ada di green juice secara dia si sayur hebat, masa iya.. dan iya, duamingguan rajin minum si kale, gw tumbang. ganti formula green juice dan kembali setrong!

jadi walopun gw ga suka olah raga tapi semua minuman dan makanan sehat bisa masuk ke badan *dan green juice itu enak lho!* cumaaaa.. gw itu juga suka banget minuman dan makanan manis. gawat kuadrat! jadi makanan dan minuman sehat sih masuk badan, tapi itu segala gula juga masuk. grr.. impas doang kayaknya.

sekarang kondisi gw yang kuliah lagi dengan segambreng tugas dan menempuh perjalanan PI-Salemba tiap hari bikin gw lumayan K.O juga.. semester 1 kena typhoid karena kecapekan abis ujian. dan masuk semester 2 sekarang badan babak belur luluh lantak. dulu gw jarang kambuh asthma, tapi sekarang itu si ventolin jarang jauh dari gw. kacau banget. jadi PR besar gw sekarang adalah melatih badan supaya ga cepat tumbang. karena kuliah itu berat, bung!

*padahal udah seminggu ini tidur jam 2 terus dan bangun jam 5, gimana cerita mau sehat!*

adios!

No comments:

Post a Comment